Sucofindo Privatisasi

Sesuai rencana pemerintah, tahun ini sucofindo menjadi salah satu BUMN yang akan di privatisasi. Pertanyaan yang langsung muncul di pikiran saya adalah Apakah sucofindo benar-benar mampu menarik minat investor untuk menginvestasikan uang mereka.
Dari segi keuntungan memang sucofindo belum bisa mencatatkan nilai yang besar. Tahun 2007 keuntungan Sucofindo mencapai 39 miliar. Angka ini merupakan perkembangan yang signifikan karena laba tahun 2006 adalah 28 miliar, 2005 25 miliar, 2004 27 miliar, 2003 16 miliar, 2002 bahkan rugi 85 miliar.
Sucofindo sendiri menargetkan keuntungan pada tahun 2008 sebesar 50 miliar dan pada tahun 2009 sudah berhasil menembus laba sebesar 70 miliar.
Perkembangan jasa inspeksi di Indonesia juga semakin cerah karena semakin banyaknya kebutuhan akan jasa ini. Posisi saat ini pendapatan dari penugasan pemerintah sudah berkurang menjadi 20 sampai 25 persen. Ini juga merupakan perkembangan yang menarik. Perusahaan seperti Sucofindo akan lebih sehat jika proporsi pendapatan dari sektor swasta lebih besar dari penugasan pemerintah.
Perkembangan bisnis Sucofindo juga sangat terpengaruh dengan perkembangan ekonomi di Indonesia. Jika prpyeksi perekonomian di Indonesia semakin cerah maka semakin baik pula kondisi Sucofindo karena semakin banyak perusahaan yang menggunakan jasa Sucfindo.
Tulisan selanjutnya saya cari-cari dulu ya…..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: