Tender tabung gas (SUCOFINDO vs SI)

Konversi energi dari minyak tanah ke LPG memang sangat menguntungkan untuk negara ini. Subsidi sebesar 32,5 triliun bisa dipakai untuk kepentingan yang lain. Bagi rakyat pun keuntungan karena harga LPG yang lebih murah juga pasti akan dirasakan.

 Tapi tidak mereka saja yang untung. Perusahaan2 yang menang tender pengadaan kompor gas dan tabung LPG juga akan mendapatkan rejeki nomplok. Untuk Tahun 2008 saja pertamina membuka tender sebanyak 25 juta unit.

walupun sudah begitu, masih aja perusahaan yang rakus. Mengimpor tabung gas untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar.

Dalam proses ini ada sesuatu yang menarik. 2 kepentingan dari 2 kekuatan besar. Pertamina dan Depperin. Pertamina ingin proses konversi ini dapat cepat tercapai apapun caranya.  Sedangkan Depperin ingin agar proses konversi ini juga berdampak positif bagi industri nasional.

Bagi Pertamina, jikapun harus impor, hal itu sah-sah saja yang penting proses selesai. daripada menunggu kapasitas industri nasional bisa memenuhi target mereka. Sedangkan dari Depperin ingin agar kapasitas industri nasional sudah harus bisa memenuhi target Pertamina, jadi tidakperlu impor.

Nah di sini peran Sucofindo dan SI beradu. Sucofindo melakukan proses verifikasi Kapasitas Industri Tabung Baja Nasional berdasarkan penugasan dari Depperin. dan tentu saja membawa misi dari Depperin. Sedangkan SI ditugaskan oleh Pertamina. Jika hasil dari SI menunjukkan kapasitas belum mampu, impor pun boloh2 saja dilakukan.

BTW ini blog nya NDOROKAKUNG lohhhhhh…

any comment

5 Tanggapan

  1. ass…keliatannya si mbah orangnya pinteeeer buangeeet. pasti kebanyakan mikir badannya pasti kuyus hehehe, jangan marah ya mbah. mbah nambah artikel dong………………………………please……………..

  2. Hati-hati buat Sucofindo dan SI, terutama masalah tabung LPG, bahwa bahan bakunya adalah HRC ( Plate hasil hot rolling ), Spec SG255.
    Sekilas material ini sama karakter dan bentuknya dengan commercial Quality, tapi sangat berbeda pada saat proses pembuatannya pada saat di Steel Making /peleburan. Spec SG255/300 untuk bahan tabung LPG, harus melalui Proses Vacum Degassing. Perbedaan proses ini bila dibandingkan dgn commercial quality, sangat berbeda terutama BEBERSIHAN BAJANYA ( cleanliness ).
    Bila Bahan tabung LPG ini, tidak dibuat dari bahan SG255/300 ( secara fisik dan mekanik sama dengan commercial quality ), tentu akan berbahaya…..!!!!

  3. yang hrs lo ngerti…semua tender di indonesia ini..
    ga lebih mencari keuntungan dulu daripada kepentingan yang membutuhkan…so terima aja hukum rimba tender di indonesia…

  4. mau tanya nih… yang menang tabung gas aluminium dari pihak mana? atau siapa?

  5. Waduh Pak Irwan, Saya malah Gak tahu kalo ada tender gas alumunium. Bisa bagi informasinya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: