CINTAI PEKERJAANMU

LOVE YOUR JOB BUT NEVER FALL IN LOVE WITH YOUR COMPANY, BECAUSE YOU WOULD NEVER KNOW EXACTLY WHEN COMPANY STOP LOVING YOU.

(Narayana Murthy)  

Penulis adalah seorang CEO sebuah perusahaan IT dari India, yang masuk 50 orang paling berpengaruh dalam dunia bisnis di Asia. Bagi anda yang tertarik membaca pandangan dia secara mendalam berikut kutipan kata-katanya: “Saya sering menjumpai orang-orang yang bekerja selama 12 jam sehari, 6 hari seminggu, atau lebih. Beberapa diantaranya melakukan hal itu karena diburu-buru oleh deadline, atau memenuhi target yang telah ditetapkan. Dan orang-orang ini merasa telah mengabdikan diri sepenuhnya kepada pekerjaan, atau bisa juga disebut workaholic.”

Dalam sistem manajemen eropa, bekerja lembur berarti orang tersebut kurang capable dalam memanage waktu yang telah disediakan untuk mereka dalam menyelesaikan pekerjaannya. Dengan sistem hirarkhi dan pendelegasian tugas serta wewenang yang jelas seharusnya pekerjaan dapat dimanage secara efektif dan efisien. Tetapi dalam sistem manajemen asia, bekerja lembur berarti orang tersebut bekerja keras dan mendedikasikan seluruh tenaga dan pikirannya demi kemajuan perusahaan. Benarkah? “Apapun alasan yang orang buat untuk bekerja lembur, kondisi tersebut berpengaruh TIDAK BAIK.

Berada di kantor selama berjam-jam dalam rentang waktu yang lama bisa menimbulkan potensi yang cukup besar dalam membuat kesalahan. Rekan-rekan saya yang saya kenal sering bekerja lembur, sering membuat kesalahan karena faktor kelelahan dan tidak fokus pada pekerjaan. Membetulkan kesalahan-kesalahan ini tentu saja membutuhkan waktu dan tenaga tidak saja dari dirinya sendiri, melainkan orang lain yang secara langsung maupun tidak langsung bekerja bersamanya.”

Satu Tanggapan

  1. betul mbah. Saya juga heran tentang cara kerja orang lembur. di kantorku banyak orang lembur tapi siangnya malas-malasan. Sebetulnya sih yang penting memang bukan lama bekerja tapi hasil pekerjaan setiap individu. Emang mesin yang hasil kerjanya berbanding sama lama operasi kerja.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: